Rabu, 13 Oktober 2010

Keunggulan & kekurangan tiap-tiap sistem operasi


History, Karakteristik, Keunggulan-kelemahan dan Market Sistem Operasi

1. MS DOS (MICROSOFT DISK OPERATING SISTEM)
History :
Dibuat oleh sebuah perusahaan pembuat computer, yang bernama Seattle Computer Products (SCP), yang dikepalai oleh Tim Patterson, yang belakangan direkrut oleh Microsoft untuk mengembangkan DOS pada tahun 1980 sebagai sebuah perangkat lunak system operasi dengan nama Q-DOS (Quick and Dirty Operating System), yang selanjutnya diubah namanya menjadi 86-DOS didesain agardapat berjalan pada computer dengan processor Intel 8086. Microsoft pun membeli lisensinys dengan harga 50.000 dolar Amerika dari SCP. Selanjutnya , saat IBM hendak meluncurkan computer pribadi yang disebut dengan IBM PC, Microsoft pun menjual lisensi MS-DOS kepada IBM.

Karakteristik :
System operasi DOS dijalankan oleh perintah – perintah yang bisa dibaca oleh DOS.
Terdapat 2 jenis perintah:
• Perintah internal (internal command), yakni perintah – perintah yang telah dimasukkan ke dalam COMMAND.COM (interpreter perintah DOS), sehingga dapat langsung dieksekusi oleh kernel DOS , dimana saja
• Perintah eksternal (external command), yakni perintah2 yang tidak dimasukkan ke dalam COMMAND.COM, dan membutuhkan sebuah berkas yang dapat dieksekusi (berupa program DOS) yang harus terdapat dalam Direktori aktif.

2. LINUX
History :
Nama Linux sendiri diturunkan dari pencipta awalnya, LINUS TORVALDS, di Universitas Helsinki, Finlandia yang sebetulnya mengacu pada kernel dari suatu sistem operasi, suatu penamaan yang biasa digunakan untuk mengacu ke pada suatu kumpulan lengkap software, yang bersama-sama dengan kernel menyusun suatu sistem operasi yang lengkap.Linux dulunya adalah proyek hobi yang dikerjakan oleh Linus Torvalds yang memperoleh inspirasi dari Minix. Minix adalah sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andy Tanenbaum. Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991.
Kemudian pada bulan Oktober 1991 tanggal 5, Linus mengumumkan versi resmi Linux, yaitu 0.02 yang hanya dapat menjalanka n bash (GNU Bourne Again Shell) dan gcc (GNU C Compiler). Sekarang Linux adalah sistem UNIX yang lengkap, bisa digunakan untuk jaringan (networking), pengembangan software, dan bahkan untuk sehari-hari. Linux sekarang merupakan alternatif OS yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan OS komersial, dengan kemampuan Linux yang setara bahkan lebih.

Karakteristik :
Secara teknis dan singkat dapat dikatakan, Linux adalah suatu sistem operasi yang bersifat multi user dan multitasking, yang dapat berjalan di berbagai platform, termasuk prosesor INTEL 386 dan yang lebih tinggi. Sistem operasi ini mengimplementasikan standard POSIX. Linux dapat berinteroperasi secara baik dengan sistem operasi yang lain, termasuk Apple, Microsoft dan Novell.

(+ & -)
Kelebihan :
 System operasi yang tahan virus. Virus-virus yang menyerang Windows tidak akan berkutik apabila terdampar di system linux.
 Linux juga stabil, sehingga menjadi platform mayoritas bagi server internet.
 Linux juga multi pengguna (multiuser) dan multi tugas (multitasking). Kita dapat memasuki system dengan banyak user sekaligus dan menjalankan banyak tugas sekalipun. Linux adalah system operasi yang sejak lahir murni multiuser dan multitasking.
 System operasi bebas dan terbuka alias tidak ada biaya lisensi untuk atau menggunakn Linux.
 Penggunaan Linux hanya memerlukan komponen computer yang kecil dengan kata lain kompurer yang jadul pun bisa digunakan.
Kekurangan :
 Masih belum banyak game-game besar yang bersedia dijalankan pada platform Linux.
 Banyak orang beranggapan Linux adalah system operasi yang sulit, tidak mempunyai tampilan grafis, dan tidak gaul.
 Beberapa hardware yang sepertinya sulit untuk menyediakan driver untuk Linux.

Market :
Satu hal yang membedakan Linux terhadap sistem operasi lainnya adalah, harga. Linux ini GRATIS. Berarti dapat diperbanyak, dan didistribusikan kembali tanpa harus membayar fee atau royalti kepada seseorang.

3. UBUNTU
History :
Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian. Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd yang merupakan perusahaan milik seorang kosmonot asal Afrika Selatan , Mark Shuttleworth.

Pada tahun 2004, Ubuntu diluncurkan dan didistribusikan ke seluruh dunia. Ada beberapa versi distro yang dikeluarkan, yaitu Ubuntu (berbasis Gnome), Kubuntu (berbasis KDE), Xubuntu (berbasis XFCE), dan Edubuntu (untuk pendidikan).

Karakteristik :
Setiap rilis mempunyai nama kode dan nomor versi. Nomor versi berdasarkan tahun dan bulan dari rilis. Sebagai contoh, rilis Ubuntu yang pertama, 4.10, dirilis tanggal 20 Oktober 2004. Rilis ubuntu keluar setiap 6 bulan sekali tiap bulan April dan Oktober. Rilis ubuntu biasanya terdiri dari berbagai edisi, yaitu edisi Desktop, Server, dan Netbook. Perbedaan mendasar pada ketiganya adalah pada versi desktop terdapat tampilan desktop manager sedangkan pada edisi server tidak ada, hanya command prompt saja.
Release code Ubuntu terdiri dari dua kata yang berupa adjective (kata sifat) yang diikuti dengan nama hewan yang disusun secara alphabetis setiap rilisnya, kecuali versi 6.06 ke bawah (4.10; 5.04; 5.10). Misalnya Hardy Heron, terdiri dari kata sifat hardy (Bold; brave; stout; daring; resolute; intrepid.[1913 Webster]) dan heron (sejenis burung).

(+ & -) :
Kelebihan :
 Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli professional.
 Pengguna juga mempunyai hak untuk memodifikasi software, sampai software tersebut bekerja sesuai dengan yang diinginkan pengguna.
 Multi bahasa.
 Sama kelebihan linux.
Kekurangan :
 Masih belum banyak game-game besar yang bersedia dijalankan pada platform Linux.(Ubuntu)
 Banyak orang beranggapan Linux (Ubuntu) adalah system operasi yang sulit, tidak mempunyai tampilan grafis, dan tidak gaul.
 Beberapa hardware yang sepertinya sulit untuk menyediakan driver untuk Linux(Ubuntu).

Market :
Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli professional.


4. WINDOWS XP
History :
Microsoft Windows atau lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis grafik (graphical user interface).
Sistem operasi windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985 yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar.
Pada tahun 2001 Microsoft memperkenalkan Windows XP.

(+ & -) :
Keunggulan Windows XP :
 Aplikasi yang dijalankan pada system Windows XP dapat dijalankan oleh komputer lain melalui internet.
 Microsoft Windows XP memiliki stabilitas yang tinggi terhadap sistem yang dimilikinya.
 Windows XP dapat digunakan untuk berbagai aplikasi secara real time ke seluruh dunia
 Banyak software yang kompatibel
 Banyak sotware yang stabil berjalan di operating sistem ini.
 Tidak akan ada masalah antara software dan hardware.

Kekurangan Windows XP:
 Harga lisensinya cukup mahal
 Tidak adanya Java Virtual Machine seperti generasi-geerasi windows sebelumnnya
 Komunitasnya terlalu sedikit, karena bersifat closed-source
 Gampang terkena virus
 Sistem yang kurang stabil

Market :
Karena banyak kelebihan yang menonjol dan sedikit memakan memory, win XP banyak diminati masyarakat, daripada win vista.

5. WINDOWS VISTA
History :
Windows Vista di keluarkan oleh Microsoft setelah Microsoft sukses mengeluarkan Windows XP. Windows Vista adalah pengembangan lebih lanjut dari Windows XP. Pertama kali Windows Vista dikeluarkan pada tanggal 30 November 2006 hanya diperuntukan untuk kalangan bisnis dan untuk kalangan rumahan di luncurkan pada tanggal 30 Januari 2007.

(+ & -) :
Kelebihan
 Lebih aman, lebih mudah dalam mengakses data.
 Lebih bagus penampilannya
 Bisa menjalankan video sebagai wallpaper
 Gravis lebih bagus (otomatis lebih berat)
 Lebih cepat menjalankan program (tetapi harus dengan memori besar, karena system di vista dimutahirkan dengan algoritma efisien dalam menjalankan aplikasi).
 Penjadwalan proses lebih baik, penanganan deadlock lebih baik, mendukung partisi hard disk secara virtualisasi.
 Secara rata-rata win vista lebih irit memakan power dan mendukung dalam multi-processor.

Kekurangan :
 Fitur-fitur canggihnya bekerja optimal hanya pada lingkungan windows
 Bila spek computer minim akan terasa berat dan terlalu banyak tampilan yang seharusnya digunakan.

Market :
Pemasaran win vista tidak begitu diminati user daripada win XP. Dikatakan produk gagal.

6. WINDOWS 7
History :
Windows 7 baru saja di luncurkan pada tanggal 28 Oktober 2009 kemarin. Fitur dalam Windows 7 ini banyak kesamaan dengan windows vista karena ini merupakan perbaikan dari Windows Vista. Beberapa fiturnya adalah: Jump List, Taskbar yang membuka program dengan tampilan kecil, Windows Media Player 12, Internet Explorer 8, dan lain-lain

Karakteristik :
System hardwarenya
• 1 gigahertz (GHz) or faster 32-bit (x86) or 64-bit (x64) processor
• 1 gigabyte (GB) RAM (32-bit) or 2 GB RAM (64-bit)
• 16 GB available hard disk space (32-bit) or 20 GB (64-bit)
• DirectX 9 graphics device with WDDM 1.0 or higher driver

(+ & -) :
Kelebihan :
 Berjalan lebih cepat disbanding win vista.
 Fitur security benar-benar ketat
 Menejemen memory yang lebih baik
 Pengaturan task bar yang lebih baik
 Hampir semua driver di vista bisa digunakan di win 7
 Help tool yang lebih baik
 Booting lebih cepat
 Irit konsumsi daya
 Optimasi dalam prefetching (optimasi pada proses load data untuk HD maupun SSD )
 Adanya aplikasi device storage (fitur baru untuk memudahkan kita menampilkan semua hal yang berhubungan dengan peripheral tertentu, seperti fitur konfigurasi dan dokumentasi )
 Dapat memilih jaringan wireless hanya dengan 1 klik dari system tray
 Mendukung teknologi multi touch
 Tampilan dan aplikasi lebih menarik.

Kekurangan ;
 Ada hardware yang bisa langsung dikenali di win vista, tapi tidak di win 7 (karena masih versi beta)
 Susah memaksa software yang sebelumnya bisa dipaksakan diinstall di vista, juga dipasang di win 7.

Market ;
Banyak sambutan dari user daripada win vistadan lebih banyak yang menggunakan system operasi ini.

1 komentar:

  • achmad syafiq says:
    19 Februari 2013 14.47

    Terima kasih atas informasinya,jangan lupa mampir di http://www.motogp.unsri.ac.id

Poskan Komentar

WAKTUMU

taufiqumar.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.